Rabu, 26 Mei 2010

Tes Presentasi Calon TAPP Desa Suwawal Timur



Tes Presentasi Calon TAPP Desa Suwawal Timur


Pada hari jum’at 14 Mei 2010 bertempat di Bumi perkemahan Pakis Adhi dilaksanakan kegiatan tes pemaparan atau presentasi Calon Tenaga Ahli Pendamping Perencanaan (TAPP) Penataan Lingkungan Berbasis Komunitas (PLPBK) yang akan mendampingi Desa Suwawal Timur. Kegiatan tes pemaparan tersebut merupakan bagian dari serangkaian proses Rekruitmen TAPP PLPBK di Kab Jepara, setelah sebelumnya diadakan tes tertulis dan orientasi lapangan. Desa Suwawal Timur adalah salah satu desa dari 8 lokasi penerima PLPBK di Kabupaten Jepara yang melaksanakan rangkaian kegiatan tersebut.

Peserta tes pemaparan/presentasi calon TAPP di desa Suwawal Timur tersebut terdiri dari 3 orang yaitu Nur Laila Azizah, Amad Kasno dan Yuwono Ario N. Hanya saja sebelum kegiatan tersebut dibuka, salah satu peserta yaitu Yuwono menyatakan tidak bisa mengikuti tes karena ada keperluan lain yang lebih penting. Ketiga orang tersebut merupakan hasil seleksi dari 6 orang pelamar yang sudah memasukkan berkas lamaran di Desa Suwawal Timur.

Di dalam kegiatan tersebut, para peserta diberi kesempatan untuk mempresentasikan usulan pendampingan yang akan mereka laksanakan termasuk usulan arahan pengembangan Desa Suwawal Timur di depan tim dewan juru yang terdiri dari unsur Tim Teknis PLPBK Kabupaten Jepara, Pemerintah Desa, BKM dan TIPP baik itu dari desa maupun dari instansi-instansi pemerintahan yang terdiri dari Bappeda, DPU & ESDM, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata dan Budaya, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Industri dan Perdagangan, Bappermasdes, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga serta Dinas Pertanian dan Peternakan.

Setelah peserta melaksanakan kegiatan presentasi dilanjutkan dengan kegatan tanya jawab yang dimoderatori oleh faskel pendamping, M Chamidun. Beragam sekali pertanyaan

dan masukan yang diberikan oleh dewan juri, tetapi karena kedua calon TAPP tersebut memiliki basis keilmuan di bidang perencanaan wilayah dan kawasan, maka jawaban yang mereka berikan umumnya juga cukup memuaskan. Kedua peserta tersebut memiliki usulah arahan pengembangan desa yang hampir sama, yaitu kawasan pariwisata. Hanya saja yang satu mengusulkan konsep agrowisata sedangkan calon yang lain mengusulkan konsep wisata agro yang memanfaatkan lahan masing-masing penduduk.

Hasil penilaian dari masing-masing dewan juri selanjutnya dibuat rata-rata dan digabungkan dengan hasil penilaian dari seleksi administrasi, tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penilaian akhir, akhirnya Amad Kasno terpilih menjadi TAPP terpilih Desa Suwawal Timur. (Eka MC-Askot UP PNPM MP Kabupaten Jepara)


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar maupun masukan untuk artikel ini

 

PLPBK Kabupaten Jepara Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template