Selasa, 21 September 2010

Lokakarya PS PLPBK Bersama Laskar Selo Aji

Lokakarya Pemetaan Swadaya PLPBK bersama Laskar Selo Aji
Desa Batukali Kalinyamatan Jepara


Suasana hari Jum’at di Batukali seperti biasanya. Walaupun hari libur, tetapi suasana lengang sangat terasa. Yah...mungkin karena bertepatan dengan Bulan Ramadhan dimana umat muslim menunaikan ibadah puasa, jadi aktivitas sedikit berkurang di bulan ini.
Tetapi hal itu tidak berlaku bagi Laskar Selo Aji. Yap...relawan PLPBK Desa Batukali yang menamakan dirinya Laskar Selo Aji (Pejuang Desa Batukali, red.) sedang asyik mempersiapkan Lokakarya Pemetaan Swadaya yang akan diselenggarakan pada hari itu. Tampak mereka sibuk membenahi maket existing yang akan dipamerkan nantinya.

Lokakarya Pemetaan Swadaya di Desa Batukali ini memang berkonsep sarasehan. Dimana setting lokasi dibuat lesehan, dengan maksud supaya seluruh tamu undangan dapat berbaur dengan masyarakat Desa Batukali.Tepat jam 15.00 WIB, beberapa tamu undangan sudah mulai berdatangan. Tampak di antaranya M Harris Cahyono (Korkot P2KP Advanced Kab. Jepara), Farichah (PJOK Kec. Kalinyamatan), Kamal (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan), Djazuli (Bapermasdes), Suharto (DPU & ESDM), Dwi Yogo Adiwibowo (Bappeda), dan juga teman-teman dari YLSKaR yang peduli terhadap masalah penanggulangan bencana di Batukali. Terlihat juga Tim Faskel reguler beserta Askot Infra reguler yang mendampingi.

Tepat pukul 15.30 WIB acara dimulai. Beberapa masyarakat yang tidak kebagian tempat di dalam melihat jalannya acara dari luar Balaidesa. Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Panitia dan juga Petinggi Desa Batukali, yaitu Bapak Sukarto. Sebelum masing-masing RW melakukan pemaparan, diputarkan video komunitas yang menceritakan mengenai kondisi Desa Batukali yang berjudul ”Padiku Berbuah Mie Instan”. Sebuah film dokumenter berdurasi ± 3 menit, hasil karya dari Bali Production yang berdiri di bawah Bendera BKM Datuk Putra Mandiri.
Dalam pemaparan masing-masing perwakilan RW dikemukakan bahwa Desa Batukali memiliki potensi dan permasalahan yang hampir sama, yaitu pada permasalahan sosial, dimana akar permasalahannya merupakan mental dari penduduk yang tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk maju ke depan, dan juga permasalahan mengenai tata ruang yang berujung dengan banjir di tiap tahunnya.

Pada kesempatan itu dipaparkan pula kondisi sistem perairan, pertanian, dan fasilitas sosial dan fasilitas umum yang ada di Batukali. Benar-benar sore hari itu sangat tergambar dengan jelas bagaimana kondisi Batukali yang sesungguhnya dan secara tersirat sudah bisa meraba akan ke arah mana sebenarnya desa ini mau dibawa. Acara ditutup dengan doa dan buka bersama.
(Agnes Ayu)

10 komentar:

Bisnis Modal 10rb on 21 September 2010 05.42 mengatakan...

L.A.N.J.U.T.K.A.N

marsudiyanto on 21 September 2010 06.49 mengatakan...

Selamat berlokakarya, semoga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk sesama...
Salam Plat K...
(kita sama2 Palt K)

sawali tuhusetya on 21 September 2010 07.45 mengatakan...

salut dengan agenda yang digelar PLPK jepara, semoga lancar dan sukses lokakaryanya dalam upaya melahirkan wirausahawan dan enterpreneur sejati. salam idul fitri.

husin on 21 September 2010 21.26 mengatakan...

kegiatan yg bermanfaat dan patut ditiru...

Huda on 21 September 2010 21.55 mengatakan...

kegiatan yg manfaat , meski sujujurnya saya belum pernah mengikuti kegiatan yg semacamnya :D

Pencerah on 22 September 2010 03.26 mengatakan...

Semoga tidak hanya bagus dalam tampilan

achmad sholeh on 22 September 2010 08.09 mengatakan...

maju terus mas dengan PLBKnya

rudis on 23 September 2010 02.06 mengatakan...

semoga PLBK maju dan berkembang pesat

Aneh Indah on 23 September 2010 09.08 mengatakan...

Sebuah program yang dilakukan oleh masyarakat untuk kepentingan masyarakat sendiri

achmad sholekhan mengatakan...

semoga b'manfa't bagi masyarakat ,,and bs mmberikan kontribusi bwt kemajuan desa,,,
Ok,,,,tetap optimis,aq tunggu hasil kerja keras rekan2 bkm smua,,,
Smoga bs bwt bangga,klo kita tinggal di batukali,,,

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar maupun masukan untuk artikel ini

 

PLPBK Kabupaten Jepara Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template